Skip to main content

CARA MENGAJAR MENURUT NABI MUHAMMAD SAW - Part I-



1.  Menyuruh diam siswa sebelum mengajar,

       Membuat kelas tenang dan siswa diam sebelum mengajar merupakan hal yang terpenting dalam   pembelajaran. kondisi siswa yang diam dan tenang membuat guru lebih mudah menyampaikan segala informasi yang penting, kondisi ini berbeda ketika siswa dalam keaadan belum diam, akan terjadi pengulangan beberapa kali penyampaian informasi yang sama. Hal ini dapat dilihat dalam sahihnya Imam Al-Bukhari dalam bab Diam (untuk mendengar) Ulama.

2.  Memanggil nama lawan bicara dengan pangilan yang disukainya.

      Pemanggilan lawan bicara dengan nama yang disukainya dapat memfokuskan pikiran orang tersebut sehingga dia dapat menelaah setiap apa yang kita sampaikan. seperti yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda "Wahai wanita muslimah, wahai wanita muslimah! Jangan menyepelekan (pemberian) seorang tetangga kepada tetangga lain, walau sekedar kikil kambing". dalam hadist ini Rasulullah memanggil wanita muslimah sebanyak 2 kali sebelum memberikan pelajaran kepada wanita muslimah tersebut.

3.  Memegang bagian tubuh murid.

     Memegang bagian tubuh murid ini dapat memberikan penguatan tersendiri untuk murid tersebut. namaun perlu di ingat, bagian tubuh yang biasanya di pegang seperti pundak, bahu. dan juga perlu di ingat, jangan mencoba untuk memegang bagian tubuh yang bukan muhrimnya.

4. Berbicara dengan Jelas dan Pelan

   Dalam mengajar, diharapkan guru dapat berbicara dengan jelas agar siswa mudah memahami informasi yang disampaikan. dan berbicaralah dengan pelan sehingga informasi yang kita sampaikan dapat dicerna atau dipahami oleh siswa. 

5.  Mengulangi Pembicaraan

     Ketika kita menyampaikan informasi dalam kelas, mungkin ada informasi yang sangat penting, dengan cara mengulangi pembicaraan ini, menandakan bahwa informasi tersebut penting. Rasulullah pernah mengulangi pembicaraan dalam satu majlis tanpa di minta seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda "Ajarkanlah, permudahlah, jangan mempersulit. Bila anda marah maka diamlah. Bila anda marah, maka diamlah". dalam hadist tersebut dapat kita lihat bahwa Rasulullah SAW mengulangi kalimat, Bila anda marah, maka diamlah sebanyak dua kali.

6.  Mulai materi dari yang umum kemudian yang rinci

     Seperti yang diriwayatkan  oleh Abu Daud dari Sahl bin Sa'd, Rasulullah SAW bersabda " Dua hal yang tidak  atau jarang ditolak : doa ketika adzan dan di saat peperangan berkecamuk, ketika sebagian menyerang yang lainnya".
     
7. Bertanya dengan kalimat yang mudah dipahami,

    Kalimat yang mudah di pahami oleh pendengar akam membuat pendengar lebih mudah untuk menjawabnya. kama munculkanlah pertanyaan dengan kalimat yang baik dan mudah dipahami siswa.

8.  Memuji pertanyaan yang bagus

     Diriwayatkan oleh Imam Abu Dau Ath-Thayalisi dari Mu'adz bin Jabal, ia berkata, "Saya berkata, "Ya Rasulullah! Beritahukan aku perbuatan yang bisa memasukkan aku ke Surga!", Rasulullah SAW bersabda, "Bagus, bagus, anda telah bertanya tentang masalah yang agung. Sesungguhnya ia mudah bagi orang yang diberi kemudahan oleh Alah. Shalatlah yang wajib dan keluarkanlah zakat yang diwajibkan.".

9.  Menjawab dengan perumpaan dan kiasan.

     Rasulullah SAW mengumpakan puasa wajin bagi mayit dengan hutang. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ibnu Abbas, ia berkata, "Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata "ya Rasulullah, sesungguhnya ibuku meninggal dunia dan dia memiliki hutang puasa selama 1 bulan. Apakah saya harus meng-qadha'-nya?, Rasulullah bersabda, "bagaimana kalau ibumu memiliki hutang, apakah kamu akan membayarnya?" Dia menjawab "Ya" Rasulullah bersabda, "Hutang kepada Allah lebih berhak untuk dipenuhi".

10.  Menjawab lebih dari apa yang ditanyakan.

      Imran bin Hushain pernah bertanya kepada Rasulullah tentang  Shalat seseorang dengan cara duduk, dan rasulullah menjawabnya shalat untuk orang duduk dan berbaring.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B E R S A M B U N G<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Comments

Popular posts from this blog

Pecatur A, B, C dan D bertanding dalam suatu turnamen catur, Urutan pemain yang memperoleh nilai tertinggi sampai ke terendah adalah ...

  Pecatur A, B, C dan D bertanding dalam suatu turnamen catur. Setiap pemain saling bertemu satu kali. pada setiap pertandingan, pemain yang menang, seri dan kalah, berturut-turut mendapatkan nilai 2, 1, dan 0. Data hasil pertandingan adalah A menang 2 kali, B seri dua kali, C kalah dua kali, dan D tidak pernah seri. Pembahasan; dari tabel setiap pecatur bertanding sebanyak tiga kali; seperti A dengan B, A dengan C dan A dengan D.  *B dua kali seri pastinya B  seri ketika melawan A dan melawan C (karena D tidak pernah seri),  * A menang 2 kali pastinya A menang melawan C dan melawan D ( karena A melawan B seri) *  kalah 2 kali pastinya C kalah melawan A dan melawan D (karena C seri melawan B) B dan D belum ditentukan menang atau kalah nya.   Pertandingan     Menang     seri     kalah                 A dan B         -   B/A     -      A dan C        A    -   C      A dan D       A    -     D      B dan C        -   B/C     -      B dan D      B/D    -   B/D    ?      C dan D        D

SOAL AKM TRANSFORMASI MATRIKS

 1.   Tata mendapatkan tugas dari Yuliana untuk menentukan besaran translasi yang dilakukannya jika posisi awalnya dititik $(4,2)$ dan posisi akhirnya$(-1,-2)$  berapakah besaran translasinya? Jawab; Pososi Akhir = posisi awal + besaran translasi $\left(\begin{matrix}-1\\-2\end{matrix}\right)=\left(\begin{matrix}4\\2\end{matrix}\right)+\left(\begin{matrix}a\\b\end{matrix}\right)$ $4+a=-1$ maka $a=-1-4=-5$ $2+b=-2$ maka $b=-2-2=-4$ jadi besaran translasinya $(-5,-4)$ 2.   Persamaan parabola $y=2x^2+6$ ditranslasikan oleh matriks $\left(\begin{matrix}1\\3\end{matrix}\right)$ akan mempunyai bayangan parabola dengan titik puncak …. Jawab; $\left(\begin{matrix}x'\\y'\end{matrix}\right)=\left(\begin{matrix}x\\y\end{matrix}\right)+\left(\begin{matrix}1\\3\end{matrix}\right)$ $x+1=x'$ maka $x=x'-1$ .....(1) $y+3=y'$ maka $y=y'-3$ ....(2) substitusi (1) dan (2) ke $y=2^2+6$ menjadi $y'-3=2(x'-1)^2+6$ $y'-3=2(x'^2-2x'+1)+6$ $y'-3=2x'^2-4x'

Seragam yang digunakan pada hari selasa adalah ...

  Gilang baru masuk SMA kelas X dan dia diberitahu baju seragam apa saja yang harus digunakannya sepanjang seminggu. Ada 4 macam pakaian 4 macam pakaian yang harus digunakannya sepanjang 6 hari sekolah, yaitu kemeja putih dengan badge - baju abu-abu, kemeja batik celana biru, kemeja putih tanpa badge- celana biru dan baju olahraga putih-celana abu-abu, ketentuan mengenai penggunaan seragam adalah sebagai berikut; a)  Gilang harus memakai kemaja batik - celana biru 2 kali seminggu b) Baju seragam dengan kemeja putih tidak dipakai 2 hari berurutan c)  Baju olahraga putih-celana abu-abu dipakai hanya 1 hari menjelang Sabtu d)  Baju putih tanpa badge-celana biru dipakai 3 hari sekali e) Tiap hari Senin memakai kemeja baju putih dengan badge-celana abu-abu. Pembahasan; c)  Baju olahraga putih-celana abu-abu dipakai hanya 1 hari menjelang Sabtu   Pakaian     Senin      Selasa     Rabu     Kamis     Jumat     Sabtu                        Baju olahraga putih celana abu-abu          e) Tiap har