Skip to main content

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TENTANG PROSES PEMBELAHAN SEL


bimbelkici.com

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menjelaskan proses pembelahan sel
·         Menjelaskan sistem reproduksi manusia
·         Menjelaskan berbagai kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
·         Menjelakan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
·         Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
·         Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
B.     MATERI
1.      Proses Pembelahan Sel
a.      Pengertian Pembelahan Sel
Pembelahan sel adalah suatu peristiwa sebuah sel membelah menjadi dua atau lebih sel yang baru. Pembelahan Sel merupakan suatu cara sel untuk memperbanyak diri atau dalam bahasa ilmiahnyadisebut proses reproduksi sel. Sel adalah bagian terkecil penyusun tubuh makhluk hidup.
b.    Fungsi Pembelahan Sel
Ada 2 fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup yaitu:
·         Fungsi pembelahan Sel pada makhluk hidup uniseluler (bersel tunggal) adalah sebagai cara untuk berkembang biak. Contoh : Protozoa, Amoeba, dll.
·         Fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup multiseluler (bersel banyak) adalah sebagai cara untuk memperbayak sel tubuh sehingga makhluk hidup yang bersangkutan dapat tumbuh dan berkembang.
Proses pembelahan sel merupakan cara agar sel dapat tumbuh dan berkembang. Sel yang dapat membelah diri disebut sel induk, sedangkan hasil dari pembelahan diri sel disebut sel anak. Sedangkan proses pembelahan sel terbagi menjadi 2, yaitu: pembelahan sel secara langsung dan pembelahan sel secara tidak langsung.
c.      Jenis-Jenis Pembelahan Sel
Ada 2 jenis pembelahan sel yaitu Mitosis dan Meiosis
1)      Pembelahan Mitosis
Mitosis adalah suatu proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang masing-masing memiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan sel induknya (2n) .
Pembelahan yang bertujuan untuk:
·         Mengganti atau memperbaiki jaringan tubuh yang sudah rusak atau aus,
·         Pertumbuhan (perbanyakan sel sehingga baik kwantitas dan kwalitasnya bertambah).
·         Membentuk jaringan karena produk pembelahan ini kromosom /sifat induk sama dengan sifat anakannya, artinya karena membentuk jaringan baik sel baru dan lama sama.
Berikut gambar proses pembelahan sel secara mitosis beserta tahap-tahapnya
2)      Pembelahan Meiosis

Meiosis adalah suatu proses pembelahan sel dengan dua kali pembelahan yang menghasilkan empat sel anak, yang masing-masing memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk (n). Pembelahan sel ini berlangsung melalui dua tahap melalui interfase, dikenal dengan meiosis I dan meiosis II.
Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Tabel Perbedaan Mitosis dan Meiosis
Faktor Pembanding
Mitosis
Miosis
Tujuan
ü Untuk perbanyakan sel dan pertumbuhan
ü Pada tumbuhan juga untuk membentuk sel kelamin (gamet)

ü Untuk membentuk sel gamet (pada hewan) dan spora (pada tumbuhan)
ü Berfungsi mengurangi jumlah kromosom agar keturunannya memiliki jumlah kromosom yang sama dengan induk

Tempat terjadi
ü Pada tumbuhan terjadi di jaringan meristematis, misalnya di ujung batang, ujung akar, dan kambium.
ü Pada hewan terjadi di sel-sel somatik (sel tubuh)
ü Pada tumbuhan terjadi di benang sari dan putik
ü Pada hewan terjadi di alat kelamin

Tahap pembelahan
Terjadi lewat rangkaian tahapan, yaitu profase, metafase, anafase, telofase, dan interfase
Terjadi dua rangkaian tahapan yaitu meiosis I dan meiosis II
·Meiosis I
Profase I (loptonema,zigonema, pakinema,diplonema,diakenesis), metaphase I, anafase I, dan telofase I
·Meiosis II
Profase II, metafase II, anafase II dan  Telofase II

Hasil
Dua sel anakan yang memiliki jumlah kromosom seperti induknya (diploid)
Empat sel anakan yang memiliki setengah jumlah kromosom induknya (haploid)

d.      Tujuan Pembelahan Sel
Sel merupakan suatu struktur terkecil dari makhluk hidup, oleh karena itu sel sangat menentukan fungsi dan bentuk dari organ atau jaringan yang disusunnya.
Kumpulan dari banyak sel dengan struktur dan fungsi yang sama disebut jaringan dan kumpulan jaringan dengan tujuan fungsi tertentu disebut organ.Untuk bisa mencapai jumlah banyak, sel melakukan pembelahan. Pembelahan sel mempunyai tujuan sebagai berikut :
ü  Regenerasi sel-sel yang rusak/mati
ü  Pertumbuhan dan perkembangan
ü  Berkembang biak (reproduksi)
ü  Variasi individu baru
Untuk memperoleh file dalam PDF silahkan klik DOWNLOAD

Comments

Popular posts from this blog

Pecatur A, B, C dan D bertanding dalam suatu turnamen catur, Urutan pemain yang memperoleh nilai tertinggi sampai ke terendah adalah ...

  Pecatur A, B, C dan D bertanding dalam suatu turnamen catur. Setiap pemain saling bertemu satu kali. pada setiap pertandingan, pemain yang menang, seri dan kalah, berturut-turut mendapatkan nilai 2, 1, dan 0. Data hasil pertandingan adalah A menang 2 kali, B seri dua kali, C kalah dua kali, dan D tidak pernah seri. Pembahasan; dari tabel setiap pecatur bertanding sebanyak tiga kali; seperti A dengan B, A dengan C dan A dengan D.  *B dua kali seri pastinya B  seri ketika melawan A dan melawan C (karena D tidak pernah seri),  * A menang 2 kali pastinya A menang melawan C dan melawan D ( karena A melawan B seri) *  kalah 2 kali pastinya C kalah melawan A dan melawan D (karena C seri melawan B) B dan D belum ditentukan menang atau kalah nya.   Pertandingan     Menang     seri     kalah                 A dan B         -   B/A     -      A dan C        A    -   C      A dan D       A    -     D      B dan C        -   B/C     -      B dan D      B/D    -   B/D    ?      C dan D        D

SOAL AKM TRANSFORMASI MATRIKS

 1.   Tata mendapatkan tugas dari Yuliana untuk menentukan besaran translasi yang dilakukannya jika posisi awalnya dititik $(4,2)$ dan posisi akhirnya$(-1,-2)$  berapakah besaran translasinya? Jawab; Pososi Akhir = posisi awal + besaran translasi $\left(\begin{matrix}-1\\-2\end{matrix}\right)=\left(\begin{matrix}4\\2\end{matrix}\right)+\left(\begin{matrix}a\\b\end{matrix}\right)$ $4+a=-1$ maka $a=-1-4=-5$ $2+b=-2$ maka $b=-2-2=-4$ jadi besaran translasinya $(-5,-4)$ 2.   Persamaan parabola $y=2x^2+6$ ditranslasikan oleh matriks $\left(\begin{matrix}1\\3\end{matrix}\right)$ akan mempunyai bayangan parabola dengan titik puncak …. Jawab; $\left(\begin{matrix}x'\\y'\end{matrix}\right)=\left(\begin{matrix}x\\y\end{matrix}\right)+\left(\begin{matrix}1\\3\end{matrix}\right)$ $x+1=x'$ maka $x=x'-1$ .....(1) $y+3=y'$ maka $y=y'-3$ ....(2) substitusi (1) dan (2) ke $y=2^2+6$ menjadi $y'-3=2(x'-1)^2+6$ $y'-3=2(x'^2-2x'+1)+6$ $y'-3=2x'^2-4x'

Seragam yang digunakan pada hari selasa adalah ...

  Gilang baru masuk SMA kelas X dan dia diberitahu baju seragam apa saja yang harus digunakannya sepanjang seminggu. Ada 4 macam pakaian 4 macam pakaian yang harus digunakannya sepanjang 6 hari sekolah, yaitu kemeja putih dengan badge - baju abu-abu, kemeja batik celana biru, kemeja putih tanpa badge- celana biru dan baju olahraga putih-celana abu-abu, ketentuan mengenai penggunaan seragam adalah sebagai berikut; a)  Gilang harus memakai kemaja batik - celana biru 2 kali seminggu b) Baju seragam dengan kemeja putih tidak dipakai 2 hari berurutan c)  Baju olahraga putih-celana abu-abu dipakai hanya 1 hari menjelang Sabtu d)  Baju putih tanpa badge-celana biru dipakai 3 hari sekali e) Tiap hari Senin memakai kemeja baju putih dengan badge-celana abu-abu. Pembahasan; c)  Baju olahraga putih-celana abu-abu dipakai hanya 1 hari menjelang Sabtu   Pakaian     Senin      Selasa     Rabu     Kamis     Jumat     Sabtu                        Baju olahraga putih celana abu-abu          e) Tiap har